masak di kos

Cake Cokelat Stroberi

Posted on: February 23, 2010

Cake ini pesenan temen buat ulang tahun orang tuanya di Jepara. Pesennya kue cokelat, jangan eneg, gak usah banyak-banyak krimnya, dan hiasannya simple aja, gak usah ribet, yg penting cantik. Akhire bikin sponge cake ngikutin plek resep cake di black forestnya dapurbunda. Rencana awalnya si cuma mau bikin cake cokelat pake buttercream cokelat, trus dihias simple pake pagar cokelat sesuai rekues pemesan. Eh, tapi pas mateng, cicipin dikit, langsung khawatir gara-gara cakenya gak manis (lha iya, wong itu buat blackforest, jee…), dan cenderung pahit cokelat. Kalo gak dikasih buttercream agak tebel, takutnya pahit.

Akhirnya siasatnya adalah, di atas buttercreamnya kasih taburan stroberi yang dah dipotong kecil-kecil. Maksudnya si buat nggantiin kecut-kecutnya black cherry di black forest itu (hihi, setelah dipikir2, kenapa juga sok ngikutin black forest? Kenapa gak sekalian bikin black forest, ya?? ;p)… oya, buat gantiin air black cherrynya, di simple syrup buat mercikin kuenya aku tambahin potongan stroberi. Jadinya, bukan black forest atopun chocolate cake deh, tapi cake cokelat stroberi. Setelah kuenya diambil, Mega, temenku itu, gak lama sms, “Mb emaaaa. . . . Cake nya OKE BGT!! Tenkyu ya. .” Hihi, jadi seneng… Pas besoknya, aku kepikiran stroberinya bakal basi ato engga, jadi kusms dia, menyarankan tuk nyimpen kuenya di kulkas. Eeehh…  balesannya, “Wah.. Maaf mb,,kuenya lgsg abis! Hahaha. . . Pd suka,soalna seger” Sukurlaaahh… Jadi tambah semangat bikin kue, deeehhh… ^_^

Oya, ini resepnya. Cakenya nyontek di sini..

Bahan:

8 btr telur (ukuran sedang)

200 gr gula pasir

60 gr cokelat bubuk

40 gr maizena

100 gr tepung terigu

1 sdm sponge-28 (aku pake ovalet)

100 gr margarin, lelehkan, dinginkan

½ sdt vanili (aku skip, kelupaan. Hehehe… ;p)

500 gr whipped cream (aku pake butter cream, takut kalo pake whipped cream ntar meleleh di jalan. Apalagi di kos juga gak punya kulkas… *curcol* ;p)

100 gr dcc (lelehkan, cetak buat pagar dan lingkaran di tengah kue)

10 buah stroberi (aku pake 2 pak besar stroberi. Sebagian dipotong kecil-kecil buat taburan di dalem kue)

1 kaleng black cherry (aku skip, gantinya ya stroberi di atas itu)

Simple syrup (masak sampe mendidih):

3 sdm gula pasir

4 sdm air

3 buah stroberi, potong kecil

Buttercream, semua bahan dikocok sampai putih (nyontek butter cream di cake ulang tahun yang ada di Ragam Kudapan Cokelat Sedap Sekejap):

200 gr mentega putih (aku pake 220-250 gr, suka2 aja. Hehe…)

150 gr margarin (aku pake 165 gr)

350 gr susu kental manis (aku pake 1 kaleng)

Cara Membuat:

  1. Campur terigu, cokelat bubuk, dan maizena. Aduk rata.
  2. Kocok telur, gula, dan sponge-28 hingga mengembang dan kental. Masukkan campuran tepung sambil diayak. Aduk hingga tercampur rata, masukkan mentega leleh, aduk rata.
  3. Tuang dalam loyang bulat diameter 20cm (aku pake loyang 18 cm sama loyang loaf), oven hingga matang, dinginkan.
  4. Potong melintang menjadi 3 bagian, basahi dengan air ceri hitam (aku pake simple syrup stroberi).
  5. Letakkan 1 lapis cake, oles dengan whipped cream (aku pake butter cream), lalu atur belahan ceri hitam (aku pake stroberi) di atasnya. Tumpuk lapisan kedua, oles dan beri ceri hitam (stroberi lagi.. :D) lagi, tumpuk lagi lapisan teratas. Rapikan.
  6. Oles seluruh cake tadi dengan whipped cream (aku buttercream ya..), hias dengan dcc yang sudah dicetak, hingga tertutup semua.
  7. Semprotkan whipped cream (sekali lagi, aku pake buttercream, ya..), hias dengan stroberi segar.
  8. Untuk cake yang di loyang loaf, kubelah dua, kasih buttercream sama taburan stroberi, trus kukututup pake fondant. Kata testernya si, perpaduannya pas banget. Enak. Apalagi kalo dipadu ma coklat. Seger2 manis enak… karena ini pertama kalinya bikin kue pake fondant, jadinya ya gak rapi kayak di bawah ini.. tapi ya gak papa, deh.. besok2 berarti harus belajar lagii.. (di jogja kalo mau belajar decorating cake, di mana yaaa…?? Ada yg tau?)

6 Responses to "Cake Cokelat Stroberi"

Salam kenal mbak… q contek cake coklat stroberinya ya… bis ngiler euy ama itu stroberi, rasanya kok seger banget 😉 doain berhasil ya mba… cz ni br pertama kali ngeberaniin diri utk cb baking hehehe

salam kenal juga, mbak eva… silahkan dicontek resepnya. kalau udah mateng, ditunggu ceritanya ya… ^_^

tfs resepnya mba… udah kucoba, br skr s4 lapor hehehe hasilnya lumayanlah utk pemula, mang hrs lebih banyak belajar 😉 terutama masalah oven 😦 belum bs mengira2 suhu-nya euy… cake jd agak kering/pera, atasnya ga bs mulus alias retak2 hihihiiii sepertinya si terlalu panas/terlalu lama ya mba??? krn punya loyang 22 cm 1, aq jadikan satu semua jd tebel dah cake-nya, itu jg masih nyisa sediqt, q taruh aja di loyang kotak seadanya hehehe (ra bondho banget yak)
but so far, kata suami & tetangga ygkebagian enak, nggak nyereti hahahahahaaaa

sama2 mbak eva.. senang bisa berbagi.. saya juga masih belajar, kok. ayoooo… belajaaaaarrr…. ;p

[…] sama dengan cake cokelat stroberi yang diposting sebelumnya, tapi kali ini dengan pagar full cokelat, dan stroberi yang lebih banyak. Segaaar… Tags: […]

[…] kue ini pake sponge cake coklat yang biasanya kubuat itu, trus ganachenya pake resep ganachenya chef nicko yang ada di resep mud cake. Enaak.. tapi kata […]

Leave a comment